I N I S I A T I F

I N I S I A T I F
Pagi yang penuh semangat ini diawali dengan sarapan pembuka dari guru yang berjudul I N I S I A T I F hmphh kenapa pagi – pagi sudah ngomongin inisiatif… begini ceritanya
Saat pembacaan / tadarus di pagi hari, dua anak ‘ribut’ bertengkar mengenai posisi duduk di karpet. Mereka saling kekeuh, saling nyuruh, saling ‘ngomel’ untuk menggeser posisi duduk ketempat yang kosong. Keduanya saling ‘ngotot’, tidak mau menggeser posisi duduk, padahal disebelahnya tempat duduk masih lega dibanding tempat duduk mereka sekarang yang harus berdempet – dempet, sesak – sesakan dipinggir karpet.
Mulailah bu guru menceritakan tentang kata I N I S I A T I F yang mayoritas anak kelas 1 SD, belum paham betul makna dan arti kata tersebut.
Anak – anak tahu kata I N I S I A T I F ? Kebanyakan mereka menggeleng. I N I S I A T I F itu pelopor….. pelopor apa ya bu?… begini contohnya.. ketika anak – anak sedang bersepeda ria di sore hari, tiba – tiba ditengah jalan raya yang biasa dilalui kendaraan mobil atau motor, anak – anak melihat sebuah paku yang cukup besar.
Paku itu kalau mengenai kendaraan mengakibatkan ban kendaraan jadi kempes, bisa mecelekai pengemudinya, mencelakai pejalan kaki dan lain sebagainya. Nah …… orang yang I N I S I A T I F itu, adalah orang yang mengambil paku tersebut dijalan dan membuangnya ke tempat sampah. Sehingga orang yang akan melewati jalan raya akan aman bebas hambatan, dengan begitu kita berarti sudah menjadi ‘pahlawan’ yang menyelamatkan banyak orang.
Siapa disini yang mau jadi pahlawan? Semuanya tunjuk tangan. Jadi kalo ada tempat duduk yang sudah penuh, kenapa tidak kita yang I N I S I A T I F pindah tanpa menunggu orang lain untuk pindah. Sama halnya ketika ada paku dijalan raya tadi, kalo kita hanya pasif menunggu tukang sampah yang akan membersihkan paku, bagaimana jadinya kalau ada kendaraan yang lewat sebelum paku itu dibersihkan?
Jadi I N I S I A T I F itu bersegera, tidak menunggu orang lain, tidak menunggu disuruh oleh bu guru, kita sendiri yang spontan melakukan kebaikan untuk sesama. Mulai hari ini, siapa yang bisa jadi “pahlawan”, melakukan I N I S I A T I F akan Ibu beri dua bintang. Anak – anak begitu mendengar kata bintang langsung semangat, dengan mata yang berbinar – binar. Wah berarti ini belum inisiatif ya? Baru sebatas karena bintang saja. Tapi beginilah menerapkan pembiasaan pada anak – anak. Agar mereka terbiasa melakukan hal – hal yang baik, berulang – ulang sejak kecil.
Laporan perkembangan medali bintang karena I N I S I A T I F ini terus berlanjut, ada Hafizh yang hari ini punya I N I S I A T I F mengambilkan bola temannya yang tersangkut. Ada Farel yang ber I N I S I A T I F, mengingatkan temannya yang belum merapihkan baju olahraga. Ada endra yang I N I S I A T I F, mengembalikan kunciran rambut teman perempuannya yang terjatuh. Ada bintang yang I N I S I A T I F menolong farel yang kaos kakinya tersangkut di gantungan tas.
Tapiiii, banyak juga yang mengaku – aku telah melakukan I N I S I A T I F, bu tadi aku sudah begini loh.. begitu loh hmphhh susye juge yeee klo begini xixixi 
Ohya mulai agak serius, ketika kami mengajarkan I N I S I A T I F sedini mungkin kepada anak – anak kami, paradoksnya kami melihat I N I S I A T I F ini begitu jarang ‘terlihat’ dalam dunia nyata yang fana ini # helehh… Dalam dunia maya bagaimana ayo?xixixi. Begitulah orang zaman sekarang, mulai jarang ber I N I S I A T I F. dijalan – jalan , busway, mall jarang sekali ada orang yang dengan I N I S I A T I F tinggi dengan tulus menolong orang lain. Mungkin teman – teman disini juga sudah sering, melihat, mendengar, membaca dengan mata, hati dan telinga bahwa I N I S I A T I F ini seperti hilang ditelan bumi. Contoh kecil, kalau ada sampah di dekat kita, apa kita akan I N I S I A T I F membuangnya ke tempat sampah dengan sukarela? #nulis enak yakkk? Daleeeeeeeemmmm 

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s